Daftar Blog Saya

Rabu, 25 Januari 2017

PANDUAN PKL EKONOMI SYARIAH IAIH NW PANCOR



PROGRAM PKL PRODI EKONOMI SYARIAH
FAKULTAS SYARI’AH


1.1.  PENDAHULUAN
Untuk mewujudkan Prodi Ekonomi Syariah yang terkemuka, serta untuk menciptakan lulusan yang unggul dan profesional, maka diperlukan latihan penerapan ilmu pengetahuan yang didapat dibangku kuliah pada dunia nyata. Hal ini dimaksudkan agar setiap lulusan Prodi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor  betul-betul siap kerja dan bersaing dalam dunia global.
Praktik Kerja Lapangan Prodi Ekonomi Syariah ini merupakan wahana yang tepat guna mewujudkan cita-cita tersebut, disamping sebagai wahana pembelajaran dan pelatihan, PKL juga menjadi wahana untuk mendapatkan pelajaran dan pengalaman baru bagi mahasiswa sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja sesungguhnya. Oleh karena itu, dengan dilaksanakannya program PKL diharapkan lulusan Prodi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam HAMZANWADI Pancor  menjadi lulusan yang berkualitas, unggul dan mampu menjadi solusi di dunia kerja.

1.2.  VISI, MISI DAN TUJUAN PRODI EKONOMI SYARIAH
1.2.1. Visi
Pada akhir tahun 2017, menjadi program studi yang mampu mencetak lulusan yang memiliki keterampilan berbasis ekonomi syariah, profesional dan berdaya saing nasional
1.2.2. Misi
            Misi Program Studi Ekonomi Syariah:
1.2.2.1.   Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, memiliki keunggulan kompetitif di bidang ekonomi syariah dan menciptakan  suasana akademik yang religius berbasis uswah hasanah
1.2.2.2.   Menyelengrakan penelitian dan pengkajian keilmuan syariah khususnya di bidang ekonomi syariah yang sedang berkembang di masyarakat.
1.2.2.3.   Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan pemahaman dan penerapan ekonomi berbasis syariah
1.2.3. Tujuan
1.2.3.1.Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan unggul di bidang ekonomi syariah, dan memiliki sikap religius berbasis uswah hasanah.
1.2.3.2.Menjadi pusat ilmu pengetahuan dan agama melalui kegiatan penelitian dan pengkajian untuk memcahkan persoalan-persoalan bidang ekonomi syariah
1.2.3.3.Membentuk sumber daya masyarakat yang memiliki pemahaman dan terampil dalam penerapan ekonomi syariah melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat

1.3.  PENGERTIAN PRAKTIK  KERJA LAPANGAN PRODI EKONOMI SYARIAH
Praktek Kerja Lapangan  Prodi Ekonomi Syariah merupakan kegiatan kurikuler yang diwajibkan bagi seluruh mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAI HAmzanwadi  sebagai wahana pelatihan dan sekaligus praktek bagi para mahasiswa atas ilmu yang didiapat di bangku perkuliahan. Sebagai calon lulusan ahli Ekonomi,para mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan ini guna memperoleh pengalaman langsung di lapangan, sehingga diharapkan mampu memenuhi tuntutan persyaratan untuk menjadi profesional di berbagai bidang, khususnya bidang Ekonomi Syariah.

1.4.  TUJUAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PRODI EKONOMI SYARIAH.
Praktek PKL Prodi Ekonomi Syariah memiliki tujuan sebagaiberikut:
1.4.1.      Memberikan latihan dan bimbingan terhadap mahasiswa sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai sebagai profesional di bidang Ekonomi Syariah.
1.4.2.      Menghasilkan calon-calon praktisi  yang lebih peka terhadap sejumlah permasalahan yang muncul di lapangan.
1.4.3.      Mendekatkan peranan dan fungsi Prodi Ekonomi Syariah dengan dunia industri yang relevan.
1.4.4.      Mengembangkan ilmu pengetahuan mahasiswa.


1.5.            FUNGSI PRAKTIK KERJA LAPANGAN PRODI EKONOMI SYARIAH
1.5.1.      Merealisasikan Tri Dharma PerguruanTinggi
1.5.2.      Mempersiapkan dasar-dasar teoritis terhadap kenyataan dalam bidang Ekonomi Syariah  
1.5.3.      Membina dan mengembangkan nilai-nilai positif pada mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAI HAMZANWADI

1.6.  KETENTUAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PRODI EKONOMI SYARIAH
Program PKL Prodi Ekonomi Syariah merupakan program kurikuler yang wajib diikuti seluruh mahasiswa regular Prodi Ekonomi Syariah IAI HAMZANWADI dengan ketentuan sebagai berikut:
1.6.1. Persyaratan
1.6.1.1.Praktek Kerja Lapangan Prodi Ekonomi Syariah dan diwajibkan bagi mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAI HAMZANWADI yang telah memenuhi 100 Sks.
1.6.1.2.Praktek Kerja Lapangan PKL Prodi Ekonomi Syariah hanya dapat diikuti oleh mahasiswa yang sudah melunasi biaya pendidikan semester berjalan.
1.6.2.  Waktu danTempat
1.6.2.1.Waktu pelaksanaan. Praktek Kerja Lapangan (PKL) Prodi Ekonomi Syariah 8 Minggu atau setara dengan 90 jam  dan maksimal 2 bulan. Namun demikian masa PKL ini juga nantinya menyesuaikan dengan kebijakan unit kerja tempat pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Prodi Ekonomi Syari’ah.
1.6.2.2.Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Prodi Ekonomi Syariah dapat dilakukan di lembaga keuangan Syariah Bank atau Non bank dan Instansi terkait dengan Kopetensi Prodi Ekonomi Syari’ah.
1.6.2.3.Mahasiswa menentukan sendiri lokasi Praktik Kerja Lapangan PKL atau disesuaikan oleh Fakutas/ Jurusan Ekonomi Syari’ah .




BAB II
PANDUAN PROPOSAL PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Isi dari proposal Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah :
2.1. LatarBelakangMasalah
Berisi tentang judul PKL  alasan pemilihan tempat dan relevansi pemilihan tempat dengan topik.
2.2. Tujuan PKL
Mahasiswa dalam sub bagian ini menguraikan secara umum yang hendak dilatih dan dipelajari oleh mahasiswa dalam dunia praktek Lembaga keuangan pada institusi Praktek Kerja Lpangan  yang dipilih oleh Mahasiswa.
2.3. Target dan Sasaran Kegiatan.
       Target dan sasaran kegiatan berisi:
2.3.1. Target kegiatan menjelaskan kompetensi (kemampuan) apa yang diharapkan oleh mahasiswa dengan melakukan PKL. Oleh karena itu mahasiswa menyusun redaksional target kegiatan diawali dengan kata mampu. Selanjutnya, mahasiswa harus dapat mendeskripsikan kemampuan yang hendak ditargetkan untuk dikuasai selama mengikuti PKL, target ini merupakan penjabaran inti dari tujuan.
2.3.2. Sasaran menjelaskan pihak pihak yang menjadi sasaran (yang dituju) untuk membantu mencapaian target kegiatan. Dengan kata lain, mahasiswa perlu menjelaskan orang/pihak/bagian yang dituju dalam instansi PKL yang diharapkan dapat mendukung pencapaian target kegiatan.
2.4.  Waktu dan Tempat PKL Ekonomi Syari’ah
Sub bab ini menjelaskan rencana waktu dan pelaksaan PKL. Tanggal pelaksanaan ditulis berdasarkan jadwal yang disusun oleh peserta PKL. Selain itu, mahasiswa harus menjelaskan dengan lengkap nama dan alamat tempat pelaksanaan PKL.
2.5.  Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka adalah kerangka awal pemahaman mahasiswa yang mendukung topik yang dipilih dan landasan teori yang menjadi pijakan. Sebagai catatan, kerangka teori ini menjadi tolak ukur pemahaman mahasiswa mengenai topik yang dipilih. Dengan demikian, tinjauan pustaka harus jelas, tepat sasaran (sesuai topik yang dibahas), bukan sekedar pelengkap dari tulisan.

2.6.  Rencana dan Jadwal Kegiatan PKL
Mahasiswa perlu menjelaskan program kegiatan yang hendak dilakukan selama PKL dengan berpatokan pada tujuan, target dan sasaran kegiatan. Selanjutnya mahasiswa merancang jadwal pelaksanaan kegiatan yang dibuat dalam bentuk tabel. (Lampiran)
2.7.  Penutup.
Penutup merupakan rangkuman dari proposal kegiatan PKL.

DAFTAR PUSTAKA



BAB III
TATA TERTIB DAN KEGIATAN DI TEMPAT PKL
3.1.  TATA TERTIB
3.1.1.      Peserta PKL hanya dapat diikuti oleh mahasiswa Progran Studi Ekonomi Syariah Fakultas Syari’ah. IAI HAMZANWADI Pancor
3.1.2.      Peserta PKL harus memiliki kredibilitas dan sikap profesionalisme yang baik.
3.1.3.      Peserta PKL harus berpakaian rapi dan syar’i serta berperilaku sopan santun.
3.1.4.      Peserta wajib mengikuti tata tertib yang sudah ditetapkan oleh panitia penyelenggara.
3.1.5.      Peserta PKL wajib mengisi absen di tempat PKL dan mengisi lembaran Kegiata/aktivitas  dari masing – masing kegiatan yang dilaksanakan di tempat PKL (terlampir).

3.2.  KEGIATAN DI TEMPAT PKL
3.2.1. Mengamati proses administrasi keuangan untuk Mahasiswa yang PKL di Lembaga Keuangan atau Instansi lainya
3.2.2. Mencari data sesuai dengan judul proposal yang diajukan.
3.2.3. Membuat laporan PKL sesuai dengan yang ditetapkan.
3.2.4. Briefing  pada peserta PKL dilakukan 1 kali dalam sehari pada saat mengawali kegiatan oleh Dosen Pamong.




BAB IV
FORMAT PENYUSUNAN LAPORAN PKL
Setiap mahasiswa yang melakukan kegiatan PKL diwajibkan menyusun buku laporan kegiatan tersebut dengan ketentuan sebagaiberikut :
4.1.  Format Penulisan
4.1.1. Ukuran dan Ketebalan Kertas
Ukuran kertas yang digunakan dalam penyusunan laporan PKL yaitu A4 (21 x 29,7 cm) denganbatasketebalan70 gram.
4.1.2. Ukuran (batas) Halaman (Page Setup)
Ukuran halaman kertas dalam penyusunan laporan PKL, yaitu :
1)      Top (batasatas) : 4 cm
2)      Buttom (batasbawah) : 3 cm
3)      Left (bataskiri) : 4 cm
4)      Right (bataskanan) : 3 c
4.1.3.                JenisdanUkuran Font
Jenis font yang digunakan dalam menyusun laporan PKL, yaitu Time New Roman dengan ukuran font 12 dengan spasi 1,5.
4.1.4.                Format Tanda Penulisam Sub Bab.
Format tanda penulisan sub bab dalam menyusun laporan PKL sebagai berikut :
1.      ............
1.1.   ....
1.2.   . ....dan seterusnya
1.1.1.      ...
1.1.2.     . ....dan seterusnya
1.1.1.1......
1.1.1.2 dan seterusnya
4.1.5.Format  Bagian Muka (sampul)
Ø Halaman judul
Ø Halaman pengesahan yang ditandatangani olehKetua Prodi Ekonomi Syariah (dibutuhkan setelah laporan PKL diujikan)
Ø Halaman Persetujuan yang ditanda tangani oleh Tim Penguji.
Ø Kata Pengantar
Ø Daftar Isi
4.1.6. Format Bagian Isi
            BAB I PENDAHULUAN
            Secara garis besarisi pendahuluan, terdiriatas :
1.    Latar Belakang
2.    Tujuan dan manfaat
3.    Waktu dan tempat pelaksanaan
4.    Capaian kegiatan.
Mahasiswa menjelaskan capaian kegiatan yang diperoleh selama PKL dengan mengevaluasi sejauh mana target yang dicapai selama PKL.
            BAB II : Hasil Kegiatan PKL
            Pada bab ini merupakan inti dari laporan PKL yang berisi laporan seluruh kegiatan PKL yang telah dijalani. Uraian kegiatan berisi rincian kegiatan yang dilakukan selama kegiatan PKL , baik harian, mingguan dengan input dan output yang jelas. Uraian dapat berupa deskripsi ataupun dapat menguraikannya berupa tabel ataupun bagan dan penjelasan. Selain itu, bab ini dapat menjelaskan program yang kegiatan yang terlaksana ataupun yang tidak dapat terlaksana dan hal hal yang telah dilatih selama PKL dan/ atau dipelajari dengan bimbingan pembimbing Instansi (dosen pamong). Pada bab ini juga mahasiswa dapat menjelaskan temuan temuannya di tempat PKL yang dapat dijadikan sebagai bahan kajian berikutnya.
            BAB III : Penutup
            Isi dari bab ini adalah :
1.   Kesimpulan
Kesimpulan berisi rangkuman hasil kegiatan PKL yang dikaitkan dengan tujuan dan target pelaksanaan PKL. Kesimpulan ini menekankan pada deskripsi output yang dihasilkan.
2.   Saran.
Saran yang diberikan harus merujuk pada hasil kesimpulan yang telah dirumuskan. Dengan demikian, mahasiswa memberikan masukan terhadap dunia praktek berdasarkan output yang dihasilkan.

LAMPIRAN LAMPIRAN

Lampiran dapat berupa data pendukung. Berikan judul lampiran yang jelas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar