SILABUS MATA KULIAH
SILABI MATA KULIAH : SEJARAH PERADABAN ISLAM (SPI)
BOBOT / SEMESTER : 2 SKS / II Jur. Ekonomi Syariah Fak. Syariah
PENGAMPU : M. Haramain, M. Sos.I.
---------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi : Memahami
konsep-konsep peradaban Islam dari pereode Klasik sampai modern dan mampu
menerapkan nilai-nilai peradaban Islam tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar dan Hasil
Belajar
|
Materi Pokok dan Uraian
|
Pengalaman Belajar |
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/ Alat |
||||
Mamahami hekekat makna Peradaban dalam Islam
|
Pengertian, Tujuan, dan Manfaat memperlajari Sejarah Peradaban
Islam
|
Reading guide dan membuat peta konsep tentang pengertian, Tujuan dan
manfaat mempelajari SPI
|
q
Mahasiswa dapat menjelas-kan secara lisan dan tulisan
tentang pengertian, SPI
q
Menunjukkan sikap berfikir kritis, analitis, logis,
dalam melihat makna SPI.
q Berprilaku positif yang
selalu mencerminkan nilai-nilai Peradaban Islam dalam kehidupan sehari-hari.
|
CAT
(secara acak beberapa orang
mem-bacakan kesimpulan akhir)
|
2 x 50 m
|
Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam; Ali Mufradi, Sejarah Peradaban
Islam.
|
||||
Memahami Peradaban pada masa Rasulullah
|
Sistem
Dakwah Rasul, Model Kepemimpinan Rasul dan Pembentukan Masyarakat Madani.
|
Information
search dalam SPI tentang sistem dakwa
rasulo, model kepemimpinan, dan pembentukan masyarakat madani.
(life
skill; menggali & mengolah informasi, kesadaran potensi diri).
|
q
Mahasiswa dapat menyebutkan secara tertulis dan lisan tentang sistem
dakwah rasul
q
Menguraikan secara lisan dan
tulisan tentang model kepemimpinan rasul.
q
Menguraikan secara lisan dan
tulisan tentang pembentukan masyarakat madani.
|
CAT
(setiap
indi-vidu mem-buat rangku-man tertulis apa yang didapat dari pertemuan hari
ini)
|
2 x 50 m
|
Afzalur Rahman, Muhammad sebagai
pemimpim militer,; Wahidudin Khan, Muhammad
for all humanity, Husein Haikal, the life of Muhammad
|
||||
Memahami peradaban pada khulafaur rasyidin.
|
Kondisi Sosial Budaya dan masyarakat; system penggantian Kepala Negara,
dan munculnya perbedaan keagamaan.
|
Reading guide dan membuat peta konsep tentang kondisi Sosial Budaya dan
masyarakat; system penggantian Kepala Negara, dan munculnya perbedaan keagamaan
(life skill; berkerjasama menggali &
mengolah informasi,kesadaran potensi diri).
|
q
Mahasiswa dapat menjelas-kan secara lisan dan tulisan
tentang Kondisi Sosial Budaya dan masyarakat
q
Mahasiswa dapat menjelas-kan secara lisan dan tulisan
tentang system penggantian Kepala Negara
q
Menunjukkan sikap berfikir kritis, analitis, logis,
dalam melihat munculnya perbedaan keagamaan.
|
CAT
(secara acak beberapa orang
mem-bacakan kesimpulan akhir)
|
2 x 50 m
|
Karel Brockelman, History of the Islamic People; Hamid Huseini, Imam Ali ibn Abi Thalib; MA Shabban, Sejarah Islam 600-750 M.
|
||||
Memahmi Peradaban Islam Masa Bani Umaiyah.
|
Sistem
Pergantian Kepala Negara, Perkembangan ilmu Keagamaan, sistem sosial Budaya
Arab
|
Diskusi
kelompok tentang Sistem Pergantian
Kepala Negara, Perkembangan ilmu Keagamaan, sistem sosial Budaya Arab
(life
skill; bekerjasama, menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi
diri).
|
q
Dapat menjelaskan secara lisan maupun tertulis tentang Sistem
Pergantian Kepala Negara
q
Mampu mengkritisi dan menganalisis Perkembangan ilmu Keagamaan
q
Mampu mengkritisi dan menganalisis sistem sosial Budaya Arab.
|
CAT
(setiap
indi-vidu mem-buat rangku-man tertulis apa yang didapat dari pertemuan hari
ini)
|
2 x 50 m
|
A Amin, Fajr al-Islam; Masudul
Hasan, History of Islam; Marshall
Hugson, The Venture of Islam,.
|
||||
Memahami peradaban masa Bani Abbasyiah
|
Transmisi Kebudayaan Yunani ke Islam, Perkembangan Ilmu-ILmu
Keislaman, sebab-sebab kemundjuran
bani Abbas
|
Reading guide dan membuat peta konsep tentang Transmisi Kebudayaan
Yunani ke Islam, Perkembangan Ilmu-ILmu Keislaman, sebab-sebab kemundjuran bani Abbas
(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran
potensi diri).
|
q
Menjelaskan secara lisan dan tulisan tentang Transmisi
Kebudayaan Yunani ke Islam.
q Mendeskripsikan secara lisan dan
tulisan tentang Perkembangan Ilmu-ILmu
Keislaman
q
Mendeskripsikan secara lisan dan tulisan tentang sebab-sebab kemundjuran bani Abbas
|
CAT
(secara acak beberapa orang
mem-bacakan kesimpulan akhir)
|
2 x 50 m
|
Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam; Louis Gardet,
Falsafah al-Fikr al-Dini; Philip
Hitti, History of the Arab.
|
||||
Memahami perkembangan Islam di Andalus
|
Kemajuan peradaban; penyebab kemunduran; transmisi budaya Islam ke Eropa
|
Berdiskusi untuk menelaah, mengkritisi dan mengkaji Kemajuan peradaban;
penyebab kemunduran; transmisi budaya Islam ke Eropa.
(life skill;
bekerjasama, menggali & mengolah informasi, kesadaran potensi diri).
|
q
Mahasiswa dapat menyebutkan secara lisan dan tulisan
tentang Kemajuan peradaban Islam di Andalus.
q
Menunjukkan hubungan yang organik masing-masing faktor penyebab
kemunduran.
q Menunjukkan salah satu
contoh transmisi budaya Islam ke Eropa
|
CAT
(penilaian terhadap kemampuan berpendapat dengan logika berfikir)
|
2 x 50 m
|
A Chejne, Muslim Spain; Kamil
Uwaidah, Ibn Rusyd Filosof Muslim dari
Andalus, Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam.
|
||||
Ujian Tengah Semester (UTS)
|
||||||||||
Mampu Memahami Peradaban Islam di India (Asia Selatan)
|
Pertemuan Islam
dgn Budaya Lokal; Perkembangan Intelektual dan Peradaban; Kemunduran Islam
|
Diskusi kelompok
dan membuat peta konsep tentang Pertemuan Islam dgn Budaya Lokal;
Perkembangan Intelektual dan Peradaban; Kemunduran Islam
(life skill;
bekerjasama, menggali & mengolah informasi, kesadaran potensi diri).
|
q
Mahasiswa dapat menjelas-kan secara lisan dan tulisan
tentang Pertemuan Islam dgn Budaya Lokal
q Menunjukkan isi Perkembangan Intelektual
dan Peradaban
q
Bersikap kritis, analitis, dan terbuka tentang
Kemunduran Islam.
|
Tugas maka-lah
dan kemam-puan presen-tasinya.
|
2 x 50 m
|
Akbar Ahmad,
Citra Muslim; John L Elposito, Islam in Asia
|
||||
Mampu Memahami
Islam di Indonesia.
|
Proses Islamisasi; Pertumbuhan Lembaga Sosial
dan Politik; Perkembangan Intelektual
|
Secara individual dan kelompok melakukan Reading guide, Information
Search,, membuat peta konsep dan praktik baca-tulis tentang Proses
Islamisasi; Pertumbuhan Lembaga Sosial dan Politik; Perkembangan Intelektual
(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran
potensi diri).
|
q
Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tentang
proses ialamisasi.
q
Mampu menjelaskan secara lesan dan tulisan tentang
Pertumbuhan Lembaga Sosial dan Politik.
q
Mampu menjelaskan secara lesan dan tulisan tentang
Perkembangan Intelektual
|
Tugas individu, kelompok,.
|
2 x 50 m
|
Azumardi Azra,
Jaringan Ulama; Saipul Muzani, Kebangkitan Islam di Asia Tenggara; Zamberi
Malek, Umat Islam Petani sejarah dan Politik.
|
||||
Mampu Memahami
Pembaharuan Islam di Timur Tengah.
|
Pemikiran Abduh;
Pemikiran Hasan Albana; Pemikiran Ali Syariati
|
Secara
individual dan kelompok melakukan Reading guide, Information Search dan
membuat peta konsep tentang Pemikiran Abduh; Pemikiran Hasan Albana;
Pemikiran Ali Syariati
(life skill;
berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).
|
q Mampu menjelaskan secara lisan dan
tulisan tentang pemikiran Abduh
q Mampu menjelaskan secara lisan dan
tulisan tentang pemikiran Hasan Albana
q Mampu menjelaskan secara lisan dan
tulisan tentang pemikiran Ali Syariati.
|
Tugas individu,
dan kelompok, dan kemampuan presentasi
|
4 x 50 m
|
Abduh, Risalah Tauhid; Hasan Albana, Konsep Pembaharuan Islam; Ali
Syariati, Islam Pemikiran dan Aksi;
Muktafi Fahal, Teologi Islam Modern
|
||||
Memahami Pembaharuan
Islam di Asia Selatan.
|
Pemikiran A Khan; Pemikiran M Iqbal dan Pemikiran Maududi
|
Secara individual dan kelompok melakukan Reading guide, Information
Search, membuat peta konsep praktik
tentang Pemikiran A Khan; Pemikiran M Iqbal dan Pemikiran Maududi.
(life skill; berkerjasama menggali &
mengolah informasi,kesadaran potensi diri).
|
q
Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tentang
pemikiran A Khan.
q
Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tentang
Pemikiran Pemikiran M Iqbal
q
Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tentang
Pemikrian Maududi
|
Tugas individu,
kelompok
|
2 x 50 m
|
Claaude Maitre, Pengantar Pemikiran Iqbal; Mukti Ali, Alam Pikiran Islam di Modern di India dan
Pakistan
|
||||
Memahami Pembaharuan
Islam di Indonesia.
|
Gerakan dan Pemikiran NW, Gerakan dan Pemikiran NU, Gerakan Muhammadiyah;
Kelompok Harakah
|
Secara individual dan kelompok melakukan Reading guide, Information
Search dan membuat peta konsep dan diskusi tentang Gerakan dan Pemikiran NU, Gerakan
Muhamdiyah; Kelompok Harakah
(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran
potensi diri).
|
q
Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tengtang
gerakan NW
q
Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tengtang
gerakan NU
q
Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tengtang
gerakan Muhammadiyah
q
Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tengtang
gerakan Kelompok Harakah.
|
Tugas individu,
dan kelompok.
|
4 x 50 m
|
Deliar Norr, Gerakan Modern Islam
di Indonesia, 1900-1942
Masyhur Amin, Dinamika Islam,
Syafi’i Ma’arif, Peta Bumi
Intelektualisme di Indonesia
|
||||
Ujian Akhir Semester (UAS)
|
||||||||||
Pancor, 5 April
2013
Dosen Pengampu,
M. Haramain,
M.Sos.I.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar