Daftar Blog Saya

Minggu, 01 Januari 2017

SEJARAH PERADABAN ISLAM





SILABUS MATA KULIAH


SILABI MATA KULIAH     : SEJARAH PERADABAN ISLAM (SPI)
BOBOT / SEMESTER           : 2 SKS / II Jur. Ekonomi Syariah Fak. Syariah
PENGAMPU                          : M. Haramain, M. Sos.I.

---------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi   : Memahami konsep-konsep peradaban Islam dari pereode Klasik sampai modern dan mampu menerapkan nilai-nilai peradaban Islam tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar dan Hasil Belajar
Materi Pokok dan Uraian

Pengalaman Belajar

Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu

Sumber/Bahan/ Alat

Mamahami hekekat makna Peradaban dalam Islam
Pengertian, Tujuan, dan  Manfaat memperlajari Sejarah Peradaban Islam
Reading guide dan membuat  peta konsep tentang pengertian, Tujuan dan manfaat mempelajari SPI

q  Mahasiswa dapat menjelas-kan secara lisan dan tulisan tentang pengertian, SPI
q  Menunjukkan sikap berfikir kritis, analitis, logis, dalam melihat makna SPI.
q  Berprilaku positif yang selalu mencerminkan nilai-nilai Peradaban Islam dalam kehidupan sehari-hari.
CAT
(secara acak beberapa orang  mem-bacakan kesimpulan akhir)


2 x 50 m
Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam; Ali Mufradi, Sejarah Peradaban Islam.
Memahami Peradaban pada masa Rasulullah
Sistem Dakwah Rasul, Model Kepemimpinan Rasul dan Pembentukan Masyarakat Madani.
Information search dalam  SPI tentang sistem dakwa rasulo, model kepemimpinan, dan pembentukan masyarakat madani.
(life skill; menggali & mengolah informasi, kesadaran potensi diri).
q  Mahasiswa dapat menyebutkan secara tertulis dan lisan tentang sistem dakwah rasul
q  Menguraikan  secara lisan dan tulisan tentang model kepemimpinan rasul.
q  Menguraikan  secara lisan dan tulisan tentang pembentukan masyarakat madani.
CAT
(setiap indi-vidu mem-buat rangku-man tertulis apa yang didapat dari pertemuan hari ini)

2 x 50 m
Afzalur Rahman, Muhammad sebagai pemimpim militer,; Wahidudin Khan, Muhammad for all humanity, Husein  Haikal, the life of Muhammad
Memahami peradaban pada khulafaur rasyidin.
Kondisi Sosial Budaya dan masyarakat; system penggantian Kepala Negara, dan  munculnya perbedaan keagamaan.
Reading guide dan membuat peta konsep tentang kondisi Sosial Budaya dan masyarakat; system penggantian Kepala Negara, dan  munculnya perbedaan keagamaan
(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).
q  Mahasiswa dapat menjelas-kan secara lisan dan tulisan tentang Kondisi Sosial Budaya dan masyarakat
q  Mahasiswa dapat menjelas-kan secara lisan dan tulisan tentang system penggantian Kepala Negara
q  Menunjukkan sikap berfikir kritis, analitis, logis, dalam melihat munculnya perbedaan keagamaan.

CAT
(secara acak beberapa orang  mem-bacakan kesimpulan akhir)

2 x 50 m
Karel Brockelman, History of the Islamic People; Hamid Huseini, Imam Ali ibn Abi Thalib; MA Shabban, Sejarah Islam 600-750 M.
Memahmi Peradaban Islam Masa Bani Umaiyah.
Sistem Pergantian Kepala Negara, Perkembangan ilmu Keagamaan, sistem sosial Budaya Arab
Diskusi kelompok tentang   Sistem Pergantian Kepala Negara, Perkembangan ilmu Keagamaan, sistem sosial Budaya Arab
(life skill; bekerjasama, menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).
q  Dapat menjelaskan secara lisan maupun tertulis tentang Sistem Pergantian Kepala Negara
q  Mampu mengkritisi dan menganalisis Perkembangan ilmu Keagamaan
q  Mampu mengkritisi dan menganalisis sistem sosial Budaya Arab.

CAT
(setiap indi-vidu mem-buat rangku-man tertulis apa yang didapat dari pertemuan hari ini)


2 x 50 m  
A Amin, Fajr al-Islam; Masudul Hasan, History of Islam; Marshall Hugson, The Venture of Islam,.
Memahami peradaban masa Bani Abbasyiah
Transmisi Kebudayaan Yunani ke Islam, Perkembangan Ilmu-ILmu Keislaman,  sebab-sebab kemundjuran bani Abbas
Reading guide dan membuat peta konsep tentang Transmisi Kebudayaan Yunani ke Islam, Perkembangan Ilmu-ILmu Keislaman,  sebab-sebab kemundjuran bani Abbas
(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).
q  Menjelaskan secara lisan dan tulisan tentang Transmisi Kebudayaan Yunani ke Islam.
q  Mendeskripsikan secara lisan dan tulisan  tentang Perkembangan Ilmu-ILmu Keislaman
q  Mendeskripsikan secara lisan dan tulisan  tentang sebab-sebab kemundjuran bani Abbas

CAT
(secara acak beberapa orang  mem-bacakan kesimpulan akhir)

2 x 50 m
Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam; Louis Gardet, Falsafah al-Fikr al-Dini; Philip Hitti, History of the Arab.
Memahami perkembangan Islam di Andalus
Kemajuan peradaban; penyebab kemunduran; transmisi budaya Islam ke Eropa
Berdiskusi untuk menelaah, mengkritisi dan mengkaji Kemajuan peradaban; penyebab kemunduran; transmisi budaya Islam ke Eropa.
(life skill; bekerjasama, menggali & mengolah informasi, kesadaran potensi diri).
q  Mahasiswa dapat menyebutkan secara lisan dan tulisan tentang Kemajuan peradaban Islam di Andalus.
q  Menunjukkan hubungan yang organik masing-masing faktor penyebab kemunduran.
q  Menunjukkan salah satu contoh transmisi budaya Islam ke Eropa
CAT
(penilaian terhadap kemampuan berpendapat dengan logika berfikir)



2 x 50 m
A Chejne, Muslim Spain; Kamil Uwaidah, Ibn Rusyd Filosof Muslim dari Andalus, Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam.
Ujian Tengah Semester (UTS)
Mampu Memahami Peradaban Islam di India (Asia Selatan)
Pertemuan Islam dgn Budaya Lokal; Perkembangan Intelektual dan Peradaban; Kemunduran Islam
Diskusi kelompok dan membuat peta konsep tentang Pertemuan Islam dgn Budaya Lokal; Perkembangan Intelektual dan Peradaban; Kemunduran Islam
(life skill; bekerjasama, menggali & mengolah informasi, kesadaran potensi diri).
q  Mahasiswa dapat menjelas-kan secara lisan dan tulisan tentang Pertemuan Islam dgn Budaya Lokal
q  Menunjukkan isi Perkembangan Intelektual dan Peradaban
q  Bersikap kritis, analitis, dan terbuka tentang Kemunduran Islam.
Tugas maka-lah dan kemam-puan presen-tasinya.


2 x 50 m
Akbar Ahmad, Citra Muslim; John L Elposito, Islam in Asia

Mampu Memahami Islam di Indonesia.
Proses Islamisasi; Pertumbuhan Lembaga Sosial dan Politik; Perkembangan Intelektual
Secara individual dan kelompok melakukan Reading guide, Information Search,, membuat peta konsep dan praktik baca-tulis tentang Proses Islamisasi; Pertumbuhan Lembaga Sosial dan Politik; Perkembangan Intelektual
(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).
q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tentang proses ialamisasi.
q  Mampu menjelaskan secara lesan dan tulisan tentang Pertumbuhan Lembaga Sosial dan Politik.
q  Mampu menjelaskan secara lesan dan tulisan tentang Perkembangan Intelektual

Tugas individu, kelompok,.
2 x 50 m
Azumardi Azra, Jaringan Ulama; Saipul Muzani, Kebangkitan Islam di Asia Tenggara; Zamberi Malek, Umat Islam Petani sejarah dan Politik.
Mampu Memahami Pembaharuan Islam di Timur Tengah.
Pemikiran Abduh; Pemikiran Hasan Albana; Pemikiran Ali Syariati
Secara individual dan kelompok melakukan Reading guide, Information Search dan membuat peta konsep tentang Pemikiran Abduh; Pemikiran Hasan Albana; Pemikiran Ali Syariati
(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).
q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tentang pemikiran Abduh
q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tentang pemikiran Hasan Albana
q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tentang pemikiran Ali Syariati.

Tugas individu, dan kelompok, dan kemampuan presentasi
4 x 50 m
Abduh, Risalah Tauhid; Hasan Albana, Konsep Pembaharuan Islam; Ali Syariati, Islam Pemikiran dan Aksi; Muktafi Fahal, Teologi Islam Modern
Memahami Pembaharuan Islam di Asia Selatan.
Pemikiran A Khan; Pemikiran M Iqbal dan Pemikiran Maududi
Secara individual dan kelompok melakukan Reading guide, Information Search, membuat peta konsep  praktik tentang Pemikiran A Khan; Pemikiran M Iqbal dan Pemikiran Maududi.
(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).
q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tentang pemikiran A Khan.
q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tentang Pemikiran Pemikiran M Iqbal
q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tentang Pemikrian Maududi


Tugas individu, kelompok
2 x 50 m
Claaude Maitre, Pengantar Pemikiran Iqbal; Mukti Ali, Alam Pikiran Islam di Modern di India dan Pakistan

Memahami Pembaharuan Islam di Indonesia.
Gerakan dan Pemikiran NW, Gerakan dan Pemikiran NU, Gerakan Muhammadiyah; Kelompok Harakah
Secara individual dan kelompok melakukan Reading guide, Information Search dan membuat peta konsep dan diskusi  tentang Gerakan dan Pemikiran NU, Gerakan Muhamdiyah; Kelompok Harakah
(life skill; berkerjasama menggali & mengolah informasi,kesadaran potensi diri).
q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tengtang gerakan NW
q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tengtang gerakan NU
q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tengtang gerakan Muhammadiyah
q  Mampu menjelaskan secara lisan dan tulisan tengtang gerakan Kelompok Harakah.

Tugas individu, dan kelompok.
4 x 50 m
Deliar Norr, Gerakan Modern Islam di Indonesia, 1900-1942
Masyhur Amin, Dinamika Islam,
Syafi’i Ma’arif, Peta Bumi Intelektualisme di Indonesia

Ujian Akhir Semester (UAS)




Pancor, 5 April 2013
Dosen Pengampu,


M. Haramain, M.Sos.I.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar