Daftar Blog Saya

Minggu, 22 Januari 2017

SEJARAH SINGKAT BTLB UNIT PRINGGABAYA


SEJARAH SINGKAT BTLB UNIT PRINGGABAYA

Perkembangan BTLB semakin pesat, kita bisa melihat dari tahun ketahun BTLB mampu membuka cabang-cabang baru mulai dari tahun 2011 Yakni pada awalnya BTLB ada di dua kabupaten di NTB, yaitu kabupaten Lombok Timur tepatnya berada di kecamatan Aikmel dan kabupaten Sumbawa Besar yang berada di kecamatan Taliwang. Selanjutya pada tahun 2012, BTLB kembali membuka cabang di kabupaten Lombok Barat yang tepatnya berada di kecamatan Kediri. Tahun 2013 BTLB unit Sumbawa Barat membuka kran Kerjasama dengan PT. Newmont Nusa Tenggara (NNT) melalui CSR nya mampu menambah 500 anggota baru. Dan pada tahun 2015 BTLB membuka cabang baru atau unit Baru di kecamatan Pringgabaya tepatnya di Batuyank.
Awal sejarah dibukanya BTLB cabang baru di kecamatan Pringgabaya dimulai awal oktober 2015. Pada tahun 2015 pengurus BTLB mengajukan proposal untuk membuka unit baru yang dimana dana hibahnya berasal dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) setiap 1 data Provensi. Dan pada saat itu untuk pembukaan unit baru BTLB ada dua pilihan kecamatan yakni kecamatan Suralaga dan kecamatan Pringgabaya. Dari dua pilihan kecamatan tersebut diadakan survei Lokasi. Survei lokasi di kecamatan Suralaga jika dilihat dari hasil wawancara di camat suragala sangat menyambut baik dan mendukung sekali akan adanya program ini bisa terujut di kecamatan suralaga. Setelah mengambil profil kecamatan Suralaga ternyata mayoritas penduduk Suralaga adalah petani, tujuan dari terbentuknya BTLB adalah untuk mengembangkan ekonomi mikro untuk pemberdayaan berpenghasilan rendah. Setelah di adakannya survei lokasi di kecamatan suralaga, pengelola juga menyurvei lokasi di kecamatan Pringgabaya, dan mengambil semua profil data data Pringgabaya, kegiatan survei ini dilakukan guna untuk sebagai pertimbangan mana yang lebih tepat untuk diadakannya program BTLB tersebut. Dan adapun indikator-indikator penilaiannya adalah dilihat dari tingkat kemiskinannya, tingkat padatnya penduduk, banyaknya koperasi atau bank Rontok, adanya lembaga keuangan yang lain, terdapat komplik atau keributan, dan yang terakhir adalah dilihat dari potensi usahanya. yang menarik dikecamatan pringgabaya adalah adalah pringgabaya mempunyai empat pasar yaitu Pasar apitaik, Pasar Phogading, Pasar Pringgabaya dan Pasar Labuhan Lombok. Setelah di adakanyanya survei di dua lokasi tersebut maka pengelola melakukan rapat penentuan wilayah dan hasil keputusannya adalah kecamatan pringgabaya karna sesuai dari indikator-indikator yankni yang paling menarik dan potensi usaha sangat menarik di pringgabaya karna mempunyai empat pasar tersebut dan memiliki jumlah penduduk yang padat.
Target dari unit baru di BTLB Pringgabaya bisa merekrut anggota sebanyak 1550 anggota dan dikasih jangka waktu selam 2 bulan, hasil rekrutan anggota melebihi yang di targetkan, yang semula targetnya adalah 1550 anggota tetapi awal november sampai dengan desember BTLB unit pringgabaya mampu merekrut anggota sebanyak 1555 anggota.

Hasil wawancara dengan Kepala Unit BTLB Unit Pringgabaya.







CATATAN SALAMKU
PKL 2016 BTLB UNIT PRINGGABAYA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar